Langsung ke konten utama

Tips Mengurangi Galau

Hari ini, saya akan memberikan sedikit tips mengenai cara menghilangkan rasa galau. 
Nah, tapi galau sendiri itu apasih? Galau adalah perasaan gundah gulana, bingung, dan gelisah. Pokoknya kalau galau pasti tidak jauh dengan gelisah. Galau itu ibarat "Sesuatu" yg tidak bisa di bayangkan, namun bisa dirasakan yang mendorong hasrat untuk tetap tegar walau sebenarnya hancur bagai karang yg di terpa oleh sang ombak. wkwk. 

Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia, galau artinya sangat ramai, atau kacau tidak karuan. 
Galau sendiri juga disebabkan oleh berbagai macam alasan, seperti karna keuangan, akademis, atau bahkan cinta, dan masih banyak lagi. Namun blog ini akan menjelaskan sedikit trik untuk menghilangkan rasa galau anda yang secara umumnya saja. Tips ini berdasarkan pengalaman saya ya, jadi tidak semuanya benar dan sesuai bagi pembaca. 
Oke, lanjut. Tips mengurangi rasa galau: 

1. Beribadah dan Berdoa untuk menenangkan hati dan pikiran  
Berdoa adalah hal yang paling utama. Dengan berdoa hati kita bisa lebih tenang. Dan kita bisa lebih merenungkan akan hal positif dan negatif dengan permasalahan yang kita hadapi.
Di saat doa pun kita juga bisa berdoa kepada Tuhan agar di perlancar masalah kita dan memohon agar kita mendapatkan keputusan yang terbaik. setelah itu, kita bisa lebih yakin dengan menjalani masalah tersebut bahwa sesungguhnya itulah jalan yang terbaik.

2.   Tidak menyalahkan diri sendiri  
Biasanya, orang galau sering menyalahkan dirinya sendiri, kenapa hal ini mesti terjadi pada dirinya. meskipun ada beberapa orang justru menyalahkan orang lain sebagai penyebab kegalauannya. Jangan sampai hanya dengan merasa bersalah dan menjadi serba salah, membuat anda harus gantung diri atau terjun bebas ke dunia lain. heheh. hal itu sangatlah salah, anda melakukan hal tersebut bukanlah suatu penyelesaian masalah, justru menambah masalah. Jika anda sudah terpaksa terjun kedalam rasa bersalah, cukuplah anda meminta maaf dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi, bahkan mengganti rugi apa yang anda telah perbuat kepada orang yang bersangkutan, mau di maafkan atau tidak, itu bukanlah urusan anda karena anda sudah sebisa mungkin untuk menyelesaikan permasalahan anda. 

3. Berpikir Logis 
Disaat anda galau, selama pikiran anda belum di hantui seutuhnya oleh kegalauan, cobalaha anda berpikir logis dengan permasalahan yang sedang anda alami. Hal ini terkadang dapat menimbulkan konflik batin. Namun, jika anda dapat memenangkan konflik tersebut, kegalauan anda pun bisa sirna. Beberapa pertanyaan seperti "ngapain sih dipikirin, masalah kecil aja di pake susah. besok juga paling kelar" , "Lah, kenapa dia marah sama saya. orang saya ngapangapain dia. Yaudahlah, besok tinggal minta maaf" , "Ini kan masalah dia, kok saya yang repot", "yaudahlah, mungkin ini emang udah yang terbaik. jika bukan yang terbaik, masih banyak kok cara lain". "sabar ajalah, biar waktu yang menjawab". 

3. Tidak mendengarkan lagu-lagu sedih 
Sebagian orang, saat galau justru mendengarkan lagu galau. apa itu benar? silahkan anda coba. dan itu adalah kesalahan yang sangat besar. mungkin anda sedikit rileks, namun pikiran anda akan semakin kalang kabut.  

4. Curhatlah kepada teman, perbanyak sharing dan bergaul dengan teman 
Biasanya, dengan curhat pikiran dan perasaan yang selama ini anda pendam akan berkurang. tapi ingat, pilihlah teman yang benar benar dapat menjaga rahasia anda dan dapat memotivasi anda, bukan sebaliknya. 
Dengan sharing dang kumpul bareng temen juga biasanya akan membuat anda lupa dengan permasalahan yang sedang anda hadapi.   

5. Perbanyak aktivitas/ menyibukkan diri dengan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan - anti mager 
Nah, trik inilah yang paling sering dilakukan oleh penulis. "Anti mager". karna, kalo anda lagi galau, terus mager, terus melamun, terus udah deh sadar sadar tambah galau, ujung ujungnya nangis. Jadi, saran penulis adalah, ketika galau kita harus mencari kesibukan lain apalah itu. misalkan bermain musik, nonton tv, baca buku, bermain games, apalah itu. yang penting jangan sampai mager atau hanya berkutik dengan satu benda, yaitu handphone. cobalah cari benda lain, yang dapat membuat anda merasa lebih rileks dan melupakan kegalauan di hati dan pikiran anda. 

6. Makan Coklat 
Cokelat dapat meningkatkan kadar phenylethylamine, semacam antidepressant alamiah yang sangat kuat di dalam otak kita. Hasil penelitian membuktikan bahwa memakan cokelat dapat membantu mengusir rasa sedih hingga 60% dalam waktu 15 menit. Para ahli mengatakan bahwa cokelat menyebabkan perubahan dalam otak seperti rasa bahagia saat jatuh cinta.  b

7. Tidur 
Tidur adalah pilihan terakhir jika kegalauan anda sudah klimaks, dan trik diatas sudah gatot (gagal total). Setidaknya, dengan tidur dapat merilekskan pikiran anda. Dan biasanya, ada sebagian orang yang setelah bangun dari tidur, justru lupa dengan permasalahan yang sedang dihadapinya. 
Namun, bukankan galau itu akan membebankan pikiran dan membuat kita sulit tidur? Nah, kalau ceritanya seperti itu anda harus benar benar mencoba untuk melupakan hal tersebut dari pada ngga bisa tidur kan. 

Nah, itulah sedikit trik dari penulis, untuk mengatasi rasa galau yang sedang menyelimuti anda. Tips ini berdasarkan pengalaman penulis, sehingga tidak semuanya benar. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf bila ada kesalahan kata atau pengucapan. 


Komentar

  1. Bisa dijadikan tambahan referensi untuk ngurangi galau karena asmara atau karena hal lain.

    BalasHapus
  2. Bagi yang galau bisa baca tips ini, mantap buat ngusir galau :D

    BalasHapus
  3. Setelah baca blog ini, saya udah nggak galau lagi kak, terima kasih kakkkk

    BalasHapus

Posting Komentar

jika ingin ada yang ditanyakan atau memberikan kritik, berikan lah dengan sopan yang diharapkan bersifat dapat lebih membangun blog ini. terimakasih atas komentarnya. semoga bermanfaat :D
Jangan lupa cantumkan referensi jika ingin melakukan copy-paste. Terimakasih :)

Postingan populer dari blog ini

Contoh TLD (Top Level Domain)

Sebelum mengetahui apa itu Top Level Domain, lebih dulu kita perlu mengetahui definisi dari domain.  Apakah itu Domain? Domain adalah nama unik yang diberikan untuk sebuah alamat (IP address) sebuah server komputer, bisa seperti email server maupun web server.  Lalu, apa itu Top Level Domain?  Top Level Domain (TLD) secara singkat merupakan sebuah ekstensi dari nama sebuah domain, dan biasanya terletak di palng kanan sebuah domain atau paling akhir dari sebuah domain.  Contoh TLD Umum  .aero => Industri pesawat terbang www.information.aero www.acn.aero www.nic.aero .arpa => Address and routing parameter www.urn.arpa www.in-addr.arpa .biz => Bisnis www.whois.biz www.neustraregistry.biz  www.apadong.biz www.bizdomainregistration.biz .com => Komersial www.twitter.com www.yahoo.com www.facebook.com .coop => www.co-operative.coop www.nic.coop www.directory.coop www.globalawards.coop www.software.coop www

Contoh Laporan Gaya Gerak Listrik

  Apa itu Gaya Gerak LIstrik?   Gaya Gerak Listrik (GGL) merupakan Gaya yang timbul akibat beda potensial pada ujung-ujung penghantar tanpa dilairi arus listrik.  Bagaimana kita mempelajari fenomena (GGL) ? Silakan simak dan coba praktikum berikut! Gaya Gerak Listrik (GGL) Induksi I.                     Tujuan :              1. mengamati gejala timbulnya arus listrik didalam medan magnet.         2. mengetahui pengaruh cepat lambatnya gerakan magnet terhadap kuat arus yang dihasilkan II.                   Alat dan bahan : 1.       Multi meter 2.       Magnet batang 3.       Kumparan kawat/ kawat yang dililitkan (solenoida) 500 lilitan 4.       Papan kit

Meresensi Buku Pengetahuan

Apa itu meresensi buku?  Meresensi buku merupakan tindakan untuk memberikan penilaian, mengulas ulang isi, membahas, maupun menkritisi sebuah buku.  Lalu bagaimana meresensi buku yang baik?  Berikut contoh dari resensi buku Bertanam Pepaya yang diterbitkan oleh PT Balai Pustaka.  Selamat membaca, dan semoga bermanfaat.  I. Bab 1 berisi Judul buku yang dirsensi, data buku, pengarang/ penulis, penyunting, penerbit, tahun terbit nukku, juga cetakan keberapa dari buku tersebut, tebal buku, ISBN, ilustrator, juga jenis buku . Kemudian Bab 2 barulah memasukkan konten isi resensi                     1. Judul Resensi: Bertanam Pepaya 2. Data buku: 1. Judul: Bertanam Pepaya                        2. Pengarang/ Penulis: Sukamto, B. Sc